"Selamat Datang... Demi Perkembangan Blog Ini di Mohon Mengisi Form Komentar"

Sunday, August 9, 2009

Hj, Nani Wartabone


Hj, Nani Wartabone
Beliau dilahirkan pada tanggal 30 Januari 1907 di Gorontalo. Beliau adalah seorang pejuang yang aktif berorganisasi dan berjuang melawan kolonialisme di daerahnya pada masa perjuangan kemerdekaan. Beliau mendirikan Jong Gorontalo dan menjadi sekretarisnya pada tahun 1923. Lima tahnu mekmudian atau tahun1928 beliau menjadi Ketua PNI cabang Gorontalo.
Pada tahun 1942, beliau memimpin pemberontakan dan pengambilalihan kekuasaan dari tangan Belanda dan memproklamasikan Gorontalo merdeka sebelum tentara Jepang tiba. Tahun 1943, beliau ditangkap dan dipenjara di Manado, oleh pemerintah Jepang karena sikap pemberontakannya melawan Jepang.
Tetapi, dua hari sebelum proklamasi kemerdekaan 1945, Jepang menyerahkan kekuasaan kepada Wartabone di Gorontalo. Beliau pun menduduki berbagai jabatan baik di daerah maupun di pusat. Beliau ikut berjuang dalam operasi penumpasan pemberontakan Permesta tahun 1958. Pada tanggal 3 Januari 1986, beliau wafat di Gorontalo.
Tanda jasa dan penghargaan yang pernah diterima antara lain, Surat Penghargaan Membantu Gerakan Angkatan Perang RI, Perintis Kemerdekaan, Veteran Pejuang Kemerdekaan Indonesia, serta Bintang Mahaputra Utama. Kemudian pada Hari Pahlawan 2003 menerima gelar Pahlawan Nasional.
Nama:Hi Nani Wartabone

Lahir:Gorontalo 30 Januari 1907

Meninggal:Gorontalo 3 Januari 1986

Gelar:Pahlawan Nasional

Karir:Pendiri Jong Gorontalo di Jawa Timur 1923Pelopor Pergerakan dan Pejuang Kemerdekaan

Tanda Jasa dan Penghargaan:Surat Penghargaan Membantu Gerakan Angkatan Perang RI

Perintis KemerdekaanVeteran Pejuang Kemerdekaan IndonesiaBintang Mahaputra UtamaPahlawan Nasional.

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget

Followers

Sumber Pengunjung yg Telah Membaca Blog ini

Pengunjung Sedang On-line
Total Pengunjung
Bunga-Bangsa.Blogspot.Com
There was an error in this gadget