"Selamat Datang... Demi Perkembangan Blog Ini di Mohon Mengisi Form Komentar"

Thursday, August 20, 2009

Dr Sutomo


Dr Sutomo
Dr Sutomo dilahirkan pada tanggal 30 Juli 1888 di desa Ngepeh, Jawa Timur. Nama asli beliau adalah Subroto. Pada tahun 1908, beliau bersama dengan rekan rekannya mendirikan Budi Utomo (BU), organisasi modem pertama di Indonesia, pada tanggal 20 Mei 1908, yang kemudian diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Beliau pun diangkat menjadi ketuanya. Tujuan perkumpulan ini adalah memajukan pengajaran, pertanian, peternakan, perdagangan, teknik dan industri, kebudayaan, serta mempertinggi cita-cita kemanusiaan untuk mencapai kehidupan bangsa yang terhormat supaya tidak dapat ditindas atau dijajah lagi oleh bangsa lain.
Kemudian kongres peresmian dan pengesahan anggaran dasar BU diadakan di Yogyakarta 5 Okt 1908. Pengurus pertama terdiri dari: Tirtokusumo (bupati Karanganyar) sebagai ketua; Wahidin Sudirohusodo (dokter Jawa), wakil ketua; Dwijosewoyo dan Sosrosugondo (kedua-duanya guru Kweekschool), penulis; Gondoatmodjo (opsir Legiun Pakualaman), bendahara; Suryodiputro (jaksa kepala Bondowoso), Gondosubroto (jaksa kepala Surakarta), dan Tjipto Mangunkusumo (dokter di Demak) sebagai komisaris.
Pada tahun 1911, beliau lulus dari STOVIA, dan bertugas sebagai dokter. Beliau bertugas di Semarang, setelah itu pindah ke Tuban, setelah itu pindah lagi ke Lubuk Pakam di Sumatra Timur, setelah itu beliau bertugas di Malang, Di kota inilah ada wabah pes yang sedang melanda daerah ini.
Tahun 1919, beliau mendapat kesempatan untuk belajar di negeri Belanda.
Kemudian pada tahun 1924, beliau mendirikan Indonesische Studie Club (ISC) yang merupakan wadah bagi kaum terpelajar Indonesia. ISC berhasil mendirikan sekolah tenun, bank kredit, koperasi, dan sebagainya. Pada tahun 1931 ISC berganti nama menjadi Persatuan Bangsa Indonesia (PBI). Di bawah pimpinannya, PBI berkembang pesat.
Sementara itu, tekanan dari Pemerintah Kolonial Belanda terhadap pergerakan nasional semakin keras. Pada bulan Januari 1934, dibentuk Komisi BU-PBI, yang kemudian disetujui oleh kedua pengurus-besarnya pertengahan 1935 untuk berfusi. Kongres peresmian fusi dan juga merupakan kongres terakhir BU, melahirkan Partai Indonesia Raya atau disingkat PARINDRA, berlangsung 24-26 Des 1935. Sutomo diangkat menjadi ketua. Parindra berjuang untuk mencapai Indonesia merdeka dan untuk kemakmuran rakyat.
Pada tanggal 30 Mei tahun 1938, beliau meninggal di Surabaya,
Nama:Dokter Sutomo

Nama Asli:Subroto

Lahir:Desa Ngepeh, Jawa Timur, 30 Juli 1888

Wafat:Surabaya, 30 Mei 1938

Pendidikan:STOVIA tahun 1911

Karir:=

Dokter di Semarang, Tuban, Lubuk Pakam dan Malang=

Wartawan dan memimpin beberapa surat kabar

Organisasi:

= Pendiri dan Ketua Budi Utomo, 20 Mei 1908

= Budi Utomo bergerak di bidang politik 1919

= Pendiri Indonesische Studie Club (ISC) 1924

= ISC berganti nama menjadi Persatuan Bangsa Indonesia (PBI) 1931

= Pendiri dan Ketua Partai Indonesia Raya (Parindra) yang merupakan penggabungan Budi Utomo dengan PBI

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget

Followers

Sumber Pengunjung yg Telah Membaca Blog ini

Pengunjung Sedang On-line
Total Pengunjung
Bunga-Bangsa.Blogspot.Com

Comments