"Selamat Datang... Demi Perkembangan Blog Ini di Mohon Mengisi Form Komentar"

Thursday, September 17, 2009

Prof. Dr.R.Supomo SH


Prof.Dr.R.Supomo.SH

Prof. Dr.R.Supomo SH dilahirkan di sukoharjo, Surakarta pada tanggal 22 Januari 1903. Beliau menamatkan pendidikan di MULO , setelah itu melanjutkan pendidikan di Sekolah Hukum dan lulus tahun 1923. Setelah itu, beliau memperdalam pengetahuan mengenai Ilmu Hukum di Universitas Leiden di Negeri Belanda. Beliau pernah bekerja di Pengadilan Negeri Surakarta dan Pengadilan Negeri Yogyakarta.
Beliau aktif di organisasi Jong Java. Pada tahun 1928 bersama dengan Ali Sastroamijoyo, beliau menulis brosur tentang Perempuan Indonesia dalam Hukum, sebagai sumbangan pikiran terhadap di selengarakannya Kongres perempuan Indonesia. Pada tahun 1933, belaiu menyelidiki masalah hukum adat Jawa Barat dan sebagai hasilnya terbitnya monografi mengenai hukum adat privat Jawa Barat. Beliau pernah menjabat sebagai Ketua Balai Pengetahuan Masyarakat, terus Ketua Landraad Purwerejo dan sebagai pegawai tinggi pada Departemen Van Justitie dan menjadi Guru Besar pada Sekolah Hakim Tinggi.
Pada zaman pendudukan Jepang, beliau memegang jabatan sebagai anggota panitia Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia dan kemudian menjadi anggota Panitia Persiapan kemerdekaan Indoneisa. Setelah merdeka, beliau menjabat sebagai Menteri Kehakiman dalam Kabinet Presidensiil. Jabatan lain yang tak kalah pentingnya adalah pernah menjadi Guru Besar di Universitas Gajah Mada dan pernah menjadi rektor di Universitas Indonesia dan pernah menjabat sebagai Duta Besar RI di London. Beliau wafat di Jakarta pada tanggal 12 September pada tahun 1958. Beliau dimakamkan di Solo.

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget

Followers

Sumber Pengunjung yg Telah Membaca Blog ini

Pengunjung Sedang On-line
Total Pengunjung
Bunga-Bangsa.Blogspot.Com
There was an error in this gadget