"Selamat Datang... Demi Perkembangan Blog Ini di Mohon Mengisi Form Komentar"

Monday, September 21, 2009

Dokter Muwardi.


Dokter Muwardi.
Dokter Muwardi dilahirkan di Pati, Jawa Tengah pada tahun 1907. Beliau menamatkan pendidikan di STOVIA dan mengambil spesialis dalam teliga,hidung,tenggorokan.
Selain belajar di STOVIA, beliau juga ikut bergabung di Jong Java. Beliau juga menjadi anggota Indonesia Muda dan pernah menjadi pimpinan umum Pandu Kebangsaan yang diganti nama menjadi Kepanduan Bangsa Indonesia atau yang disingkat KBI. Pada zaman penjajahan Jepang, beliau menjadi pemimpin Barisan Pelopor daerah Jakarta. Dan beberapa hari sebelum kemerdekaan Indonesia diprloklamasikan, beliau menjadi pemimpin Barisan Pelopor seluruh Jawa. Sesudah proklamasi diumumkan, beliau membentuk Barisan Pelopor Istimewa sebagai pengawal pribadi Presiden Soekarno. Pada tahun 1964 pusat Barisan Pelopor pindah ke Solo dan berganti nama menjadi Barisan Benteng. Ketika beliau masih di Jakarta, beliau ikut dalam pertempuran melawan Inggris di Klender.
Beliau tetap menjalankan tugasnya sebagai dokter walaupun beliau aktif di berbagai organisasi. Lalu bersama dokter dokter lainnya beliau mendirikan sekolah kedokteran di Jebres Solo kemudian sekolah itu pindah ke Klaten. Untuk menghadapi pemberontakan PKI, beliau mendirikan Gerakan Rakyat Revolusioner. Pada tanggal 13 september tahun 1948, beliau pergi ke rumah sakit Jebres untuk melakukan tugas operassi seorang pasien namun beliau diculik dan dibunuh oleh gerombolan PKI. Berdasarkan Surat Keputusan Presiden R.I No.190 Tahun 1964, tanggal 4 Agustus 1964, beliau diberi gelar sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

No comments:

Post a Comment

Followers

Sumber Pengunjung yg Telah Membaca Blog ini

Pengunjung Sedang On-line
Total Pengunjung
Bunga-Bangsa.Blogspot.Com