"Selamat Datang... Demi Perkembangan Blog Ini di Mohon Mengisi Form Komentar"

Sunday, July 19, 2009

Ir Soekarno


Latar belakang Keluarga Ir. Soekarno.
Ir Soekarno(1901 - 21 Juni 1970) adalah Presiden Indonesia pertama yang menjabat pada periode 1945 - 1966. Beliau dilahirkan pada tanggal 6 jUni 1901 di Surabaya.Ayahnya bernama Raden Sukemi Sosrodihardjo, seorang guru di Surabaya, Jawa. Ibunya bernama Ida Nyoman Rai berasal dari Bali. Soekarno menamatkan sekolah desa di Tulung Agung, lalu ELS di Mojokerto, dan HBS Di Surabaya,
Lalu pada tahun 1926, dia menamatkan pendidikannya di ITB, Bandung dan mendapat gelar Insinyur.
Latar belakang perjuangan
Pada tahun 1926, Soekarno mendirikan Algemene Studie Club di Bandung. Organisasi ini menjadi cikal bakal Partai Nasional Indonesia yang didirikan pada tahun 1927.
Pada tahun 1927 mendirikan PNI bersama Mr. Iskak, Dr Cipto Mangunkusumo, Mr Budiarto, Mr Sunaryo dan Mr Sartono. Partai ini tidak mau bekerja sama dengan Belanda.
Tahun 1929 dipenjara karena tuduhan mau mengadakan pemberontakan. selama 4 tahun mendekam di penjara sukamiskin. setelah keluar dari penjara, semangatnya semakin berkobar. dia ditangkap lagi dan dibuang ke ende selama 4 tahun setelah itu dipindahkan ke Bengkulu.
Tahun 1942, Jepang masuk ke Indonesia. soekarno dibawa ke Jakarta.
Tahun 1943 bekerja sama mendirikan Putera, organisasi pemuda yang bertujuan untuk mendidik generasi muda agar cinta tanah air dan bangsa.
tanggal 17 agustus 194, bersama Bung Hatta mewakili Bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dan diangkat menjadi presiden RI pertama.
Keluarga Soekarno
Istri Soekarno
* Oetari
* Inggit Garnasih
* Fatmawati
* Hartini
* Ratna Sari Dewi Soekarno (nama asli: Naoko Nemoto)
* Haryati
Putra-putri Soekarno
* Guruh Soekarnoputra
* Megawati Soekarnoputri, Presiden Indonesia masa jabatan 2001-2004
* Guntur Soekarnoputra
* Rachmawati
* Sukmawati
* Taufan dan Bayu (dari istri Hartini)
* Kartika Sari Dewi Soekarno (dari istri Ratna Sari Dewi Soekarno)
Soekarno sendiri wafat pada tanggal 21 Juni 1970 di Wisma Yaso, Jakarta, setelah mengalami pengucilan oleh penggantinya Soeharto. Jenazahnya dikebumikan di Kota Blitar, Jawa Timur, dan kini menjadi ikon kota tersebut, karena setiap tahunnya dikunjungi ratusan ribu hingga jutaan wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Terutama pada saat penyelenggaraan Haul Bung Karno.

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget

Followers

Sumber Pengunjung yg Telah Membaca Blog ini

Pengunjung Sedang On-line
Total Pengunjung
Bunga-Bangsa.Blogspot.Com
There was an error in this gadget