"Selamat Datang... Demi Perkembangan Blog Ini di Mohon Mengisi Form Komentar"

Thursday, September 24, 2009

MGR Albertus Sugiyopranoto


MGR Albertus Sugiyopranoto
Albertus Sugiyopranoto dilahirkan di Solo pada tanggal 25 November tahun 1890. Beliau menamatkan pendidikannya di Sekolah Guru pada tahun 1915. Tahun 1916, beliau mengikuti kegiatan imamat dan mulai mendalami ilmu agama Katholik,bahasa latin, Yunani dan filsafat di negeri Belanda. Di tahun 1928, beliau mengikuti pelajaran Teologi di Belanda.dengan nama Frater Sugiyo, beliau kembali ke Indonesia dan mengajar ilmu pasti, bahasa Jawa dan Agama di sekolah guru pada kolose di Muntilan dan memimpin mingguan Swara Tama berbahasa jawa.
Beliau pernah mewakili frater frater se-Indonesia menghadiri perayaan kepausan di Roma ,Italia dan bertemu dengan Paus Pius. Pada tahun 1931, beliau ditahbiskan sebagai iman. Tahun 1933, beliau kembali ke Indonesia dengan nama Sugiyopranoto dan diangkat menjadi Pastor Pembantu di Bintaran, kemudian beliau menjadi Pastor Paroki.
Tahun 1938 beliau menjadi penasehat Misi Jesus di pulau Jawa. Tahun 1940, beliau diangkat menjadi Vikaris Apostolik untuk memangku jabatan keuskupan. Putra Indonesia pertama yang diangkat menjadi Uskup Agung. Beliau juga menjadi iman Katholik pertama yang mengembangkan agama Katholik yang disesuaikan dengan adat ketimuran. Pada zaman Jepang, beliau berjuang menentang anggapan yang menyamakan gereja dengan kolonial belanda. Beliau wafat di negeri belanda pada tanggal 10 Juli 1963 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Giritungggal semarang. Berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No.152 Tahun 1963, tanggal 26 Maret 1963, beliau ditetapkan sebagai Pahlawan Pembela Kemerdekaan.

No comments:

Post a Comment

Followers

Sumber Pengunjung yg Telah Membaca Blog ini

Pengunjung Sedang On-line
Total Pengunjung
Bunga-Bangsa.Blogspot.Com